Dibalik skala kegiatannya yang masih tergolong kecil, ternyata Coin A Chance! (CaC) sudah banyak menerima pertanyaan yang sama dari berbagai pihak secara bertubi-tubi. Jadi rasanya sah-sah saja kalau kami memutuskan untuk membuat lembaran FAQ ini, agar kedepannya, teman-teman bisa lebih mudah mendapatkan informasi yang dicari.

FAQ akan secara rutin diperbaharui sesuai pertanyaan yang sering diajukan melalui e-mail.

1.Kapan CaC dibentuk?

CaC dibentuk pada tanggal 18 Desember 2008 melalui peluncuran sebuah blog. Tidak lama kemudian CaC memiliki group di Facebook dan selanjutnya menerima sambutan yang luar biasa positif untuk kegiatan kami. Kini, kami juga sudah memiliki facebook page dengan nama yang sama, serta akun di twitter dengan ID @coinachance.

2.Kenapa Koin?

Nilai uang logam (koin) sering kali diremehkan. Dibiarkan menumpuk di satu sudut ruangan atau ditampung dalam satu wadah hingga menumpuk dan berdebu. Padahal, koin bisa memberikan nilai lebih dari itu.

Inilah alasan utama yang ingin kami sampaikan kepada coiners dan droppers. Bahwa berbuat baik dan menolong orang lain itu tidaklah sulit.  Dengan simpanan uang logam yang kita punya, kita sudah dapat membantu membuat hidup seseorang lebih mudah/lebih baik. Dalam hal ini, yang dibantu adalah masa depan seorang anak.

3.Apa sih Coiners itu?

Coiners adalah para pengumpul koin aktif, baik yang ikut serta mengurus operasional CaC sehari-hari, maupun mereka yang bertugas sebagai koordinator drop zones dan network CaC.

4.Apa istilah yang dipakai untuk para penyumbang?    

Teman-teman yang tidak terlibat dalam kepengurusan CaC, namun secara individu merupakan pengumpul koin aktif, kami sebut sebagai coin droppers.

5.Bagaimana caranya jika ingin bergabung dengan CaC?

Yang ingin kami tekankan adalah Coin A Chance! tidak memerlukan adanya keanggotaan untuk berpartisipasi sebagai coiners atau droppers. Karena bagi kami, keanggotan memerlukan tanggung jawab yang harus dipenuhi. CaC merupakan gerakan sosial dimana setiap orang bisa langsung bergabung kapan saja. Langsung saja mulai mengumpulkan koin, maka dengan sendirinya teman-teman sudah menjadi seorang coiner / dropper.

Teman-teman bisa langsung mulai dengan mengumpulkan uang receh yang nantinya akan disalurkan melalui CaC. Penyerahannya bisa pada saat Coin Collecting Day (CCD), atau bisa juga dengan dikirim/diantar ke sekretariat kami.

Adapun untuk mendukung gerakan ini, teman-teman bisa bergabung di Facebook Page serta denganmengikuti akun Twitter kami (@coinachance) untuk mendapatkan info terkini.

6.Apa yang dimaksud dengan Coin Collecting Day (CCD)?

CCD adalah kegiatan mengumpulkan dan menghitung koin, sekaligus kumpul-kumpul dengan para coiners dan droppers yang kami adakan setiap satu atau dua bulan sekali. Lokasinya selalu berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lainnya.

7.Dimana kami bisa melihat jadwal CCD selanjutnya?

CCD akan selalu kami umumkan secara regular via Twitter dan Facebook Page.

8.Bagaimana cara menyalurkan sumbangan bagi yang berdomisili di luar Jakarta?

Walaupun ada beberapa droppers yang dengan senang hati mengirimkan koin-koin mereka via pos ke Jakarta, namun alangkah baiknya jika koin-koin tersebut disalurkan ke CaC Network di kota masing-masing. Kalau di kotanya belum ada CaC, bisa dikirimkan ke kota terdekat. Seperti Solo yang bisa via CaC Yogyakarta, Madura via CaC Surabaya.

9.Apa yang dimaksud dengan CaC Network?

CaC  Network adalah keluarga besar Coin A Chance! perpanjangan tangan dari kami yang berada di Jakarta. Kami sangat berterima kasih kepada teman-teman di luar kota yang berinisiatif dan berdedikasi tinggi untuk menjadi Coiners dan menjalankan gerakan ini secara resmi di kota masing-masing. Berikut adalah daftar CaC Network (per Mei 2014):

·Coin A Chance Yogyakarta | @cacjogja

·Coin A Chance Uni Eropa | @coinachanceEU

·Coin A Chance Cilegon | @caccilegon

·Coin A Chance Malang | @cacmalang

·Coin A Chance Sumatera Selatan | @cacsumsel

·Coin A Chance Semarang | @cacsemarang

·Coin A Chance Surabaya | **

·Coin A Chance Makassar | @cacmakassar

·Coin A Chance Padang | @cacpadang

·Coin A Chance Palu | @cacpalu

.Coin A Chance Sumsel | @cacsumsel (Palembang dan sekitar serta Lubuk Linggau)

.Coin A Chance Banjarmasin | @cacbanjarmasin

.Coin A Chance Lampung | @caclampung

*) Pending: Bali, Bandung, Banda Aceh, Medan

**) Dalam proses pelengkapan digital dan social media accounts

10.Apakah jenis kegiatan yang dilakukan CaC Network sama persis dengan CaC Jakarta?

Persis sekali mungkin tidak. Akan tetapi, seluruh kegiatan CaC Network dilakukan dengan sepengetahuan dari CaC Jakarta, serta mengacu pada kegiatan yang dilakukan di Jakarta. CaC Network memiliki akun media sosial sendiri, bentuk pelaporan dan penyaluran disampaikan via blog posting, memiliki Facebook Page/Group, dan memiliki coordinator tetap. CaC Network berhak untuk mencari sendiri anak-anak yang ingin dibantu. karena kami percaya masih banyak wilayah lain di Indonesia yang juga membutuhkan bantuan.

11.Apa saja persyaratan yang diperlukan jika ingin menjadi bagian dari CaC Network?

Untuk informasi lebih lanjut seputar CaC Network, mohon disampaikan via email ke alamat info@coinachance.com.

12.  Bagaimana jika kami hanya sebatas ingin ikut mengumpulkan koin saja tetapi belum menyanggupi untuk mengkoordinir CCD ataupun mencari anak sendiri?

Jika demikian, kami sarankan teman-teman untuk menjadi drop zone saja. Silakan mulai mengumpulkan koin, dan nanti hasilnya dikirimkan ke kota terdekat sesuai pilihan teman-teman. Update mengenai cerita pengumpulan dan foto-fotonya (jika ada), bisa dititipkan kepada kami untuk dipublikasikan di blog, Facebook Page dan Twitter.

13. Apa yang dimaksud denganDrop Zone?

Drop zoneadalah tempat-tempat yang mengadopsi gerakan kami, mulai dari rumah pribadi, perkantoran maupun restoran atau cafe.Drop zone secara resmi mengumpulkan koin-koin dan menyalurkannya melalui CaC dan Networknya.

Bagi teman-teman yang ingin menjadikan tempatnya bekerja/sekolah/nongkrong sebagai drop zone, dapat mengirimkan email kepada kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

14.Dari mana sumber informasi anak-anak yang akan dibantu oleh CaC?

Kami memilih secara langsung anak-anak yang ingin dibantu berdasarkan referensi dari lingkungan terdekat. Kami percaya, penting bagi kami untuk menjaga hubungan baik antara coin droppers, anak yang dibantu serta keluarganya serta dengan CaC sendiri.

Kami ingin bisa memberikan informasi terkini mengenai perkembangan si anak dan bukan sekedar menyalurkan bantuan. Selain itu, kami juga dibantu oleh coiners dan droppers yang mendapatkan informasi mengenai anak-anak yang dapat dibantu. Silakan mengirimkan datanya kepada kami melalui email agar dapat kami survei lebih lanjut.

15.  Apa CaC menerima uang kertas?

Berkaca pada pesan awal kami bahwa tidaklah sulit untuk menolong orang lain, kami sangat ingin berpegang teguh pada filosofi kami untuk membantu dengan mengumpulkan koin. Namun demikian, ada beberapa teman-teman yang justru pada saat itu tidak punya koin tetapi sangat ingin membantu.

Untuk itu, kami akan tetap menerima uang kertas yang dapat langsung di transfer ke rekening sementara kami, dengan catatan akan ada dari uang tersebut yang digunakan untuk keperluan operasional CaC. Silahkan email kami untuk mengetahui nomor rekening CaC.

16.Berapa anak yang sudah dibantu oleh CaC?

Untuk wilayah Jakarta sudah ada 23 orang anak usia sekolah yang kami bantu. Tiga diantaranya sudah lulus SMU.

Banyak yang bertanya kenapa jumlahnya tidak banyak. Jawabannya sederhana. Karena kami ingin sekali memfokuskan perhatian pada kualitas yang diterima anak-anak yang kami bantu. Kami berusaha melengkapi pendidikan formal yang mereka terima di sekolah dengan keterampilan sosial lainnya seperti; public speaking, kebiasaan membaca, mendukung hobi mereka, dan sebagainya, yang tujuan akhirnya adalah untuk membangkitkan kepercayaan diri mereka serta memperkenalkan mereka ke lingkungan baru.

17. Bagaimana caranya mendapatkan celengan CaC?

Kami sangat berterima kasih kepada PT. Latinusa, Tbk atas dukungan yang diberikan berupa sumbangan 5000 unit celengan berlogo CaC. Latinusa membuatkan celengan ini untuk dibagikan secara gratis kepada seluruh coiners dan droppers, termasuk CaC Network. Bagi yang berminat, celengan tersebut bisa diambil saat pelaksanaan CCD atau langsung di sekretariat kami, dengan membuat perjanjian terlebih dahulu.

18. Bagaimana cara kami mengetahui jumlah uang yang sudah terkumpul?

Kami selalu melaporkan jumlah uang yang terkumpul via Twitter di setiap akhir CCD. Setelah itu, jumlah tersebut kami tambahkan ke saldo tabungan CaC. Jumlah total saldo CaC dapat dilihat di blog kami.

Selain itu, pelaporan pengeluaran keuangan kami sampaikan melalui blog posting, terutama saat selesai membayar uang sekolah salah satu anak. Laporan disertai dengan foto-foto bukti pembayaran dan sebagainya. Khusus untuk drop zone, kami juga akan mengirimkan laporan secara terpisah via email.

19. Apakah kami boleh memberikan bantuan khusus hanya kepada salah satu anak CaC?

Tentu saja boleh! Coiners dan droppers dipersilakan untuk memberikan bantuan yang dapat mendukung kegiatan belajar mereka. Bentuknya bisa apa saja, mulai dari peralatan sekolah, atau bahkan membiayai kursus-kursus tambahan yang mereka butuhkan atau inginkan.

20.   Mengapa memilih menggunakan media digital / social media?

Alasannya cukup sederhana, blog dan social media network tidak membutuhkan biaya produksi ataupun promosi. Dapat diakses dari mana saja diseluruh dunia secara real time.

21.Apa saja kegiatan CaC saat ini?

Selain Coin Collecting Day setiap satu atau dua bulan sekali, yang saat ini paling krusial adalah menjalankan program mentoring bagi adik-adik CaC. Kami ingin mencari sukarelawan yang akan bertindak sebagai kakak asuh.

Kami juga berharap dapat mencarikan sponsor yang bersedia membantu adik-adik yang hampir lulus SMU untuk melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah, atau memberikan kesempatan magang, bahkan kesempatan bekerja.

 

###